Pergeseran Nilai Tertinggi IPM Kota Manado Menuai Signifikan di Sulawesi Utara, Lampaui Nasional

Kepala BPS Kota Manado Ir. Novri Mokoagouw.

Manado -Penyampaian sumber data dari Badan Pusat Statistik (BPS),Kota Manado telah berada di peringkat tertinggi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) se kabupaten kota di provinsi Sulawesi Utara.

Indeks Pembangunan Manusia dibentuk dari tiga komponen yakni Umur harapan hidup, Pengetahuan (angka harapan lama sekolah dan rata rata lama sekolah) dan standar hidup hidup layak. IPM merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (penduduk).

Kepala BPS Kota Manado, Ir. Novry Mokoagouw mengatakan peningkatan IPM di Kota Manado tidak lepas dari keberhasilan kinerja pemerintah yang ada.
“IPM di Kota Manado menempati peringkat pertama di Sulawesi Utara dengan capaian di tahun 2022 sebesar 79,66 point, meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 79,20 hal ini artinya mengalami peningkatan sebesar 0,46 dari tahun sebelumnya,” kata Mokoagouw saat ditemui awak media diruang kerjanya, Kamis (14/09/2023).

Peningkatan ini, menurutnya di dukung oleh berbagai pencapaian pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah.

“Keberhasilan kinerja pemerintah suatu daerah dilihat dari IPM. Capaian Angka IPM yang sebesar 79,66 point ini masuk dalam kategori tinggi, tinggal sedikit lagi mencapai 80.0 yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Selanjutnya kalau kita bandingkan dengan IPM nasional yang berada di angka 72,91, dan IPM Sulawesi Utara yang sebesar 73.81, maka kota Manado masih berada diatas angka tersebut” jelasnya.

Kinerja pemerintah daerah sangat berperan penting dalam menyokong capaian Indeks Pembangunan Manusia.

“IPM ini adalah untuk menilai kinerja pemerintah dalam keberhasilan dalam melakukan pembangunan. Ada 3 aspek yang menjadi komponen pembentuk IPM yang harus di pacu agar dapat memberikan dampak kepada masyarakat untuk mengaksesnya seperti bidang kesehatan, pendidikan dan fasilitas lainnya . Dengan harapan agar dapat meningkatkan derajat kesahatan, pendidikan yang berkualitas yang pada akhirnya dapat menghasilakan masyarakat memiliki kopetensi dalam pekerjaaan sehingga bisa bekerja dengan baik , yang secara otomatis dapat berdampak pada upah yang mereka terima sehingga bisa meningkatkan daya beli mereka,” tukasnya kembali.

Capaian IPM Kota Manado dalam menduduki peringkat pertama di Sulawesi Utara tidak lepas dari capaian keberhasilan pembangunan di Kota Manado.

“Program dan kebijakan dari pemerintah Manado sudah baik, tetapi kita harus terus berupaya agar kedepan harus lebih baik lagi dari capaian sekarang, dalam artian bahwa untuk ke depan, Kota Manado bisa mencapai angka IPM di atas 80 dengan kategori sangat tinggi ,” tutupnya. (*/Isnu)

Pos terkait